Happy Face Pen Holder DIY

Support Me By Share This Article

Happy Face Pen Holder

Dalam artikel ini saya akan sedikit sharing akan proses pembuatan Happy Face pen holder / tempat untuk pensil, ide ini berawal setelah saya menyelesaikan design furniture Meja kecil yang bergaya kartun (meja happy face by livsign) terlintas dibenak saya untuk versi kecil nya meja happy face .

Proses pembuatan happy face pen holder ini saya dokumentasikan melalui youtube dan juga artikel ini sehingga saya harapkan bagi siapa pun yang tertarik dapat membuat replikanya dengan gaya mereka sendiri ( harap cantumkan credit by hendycakgames )

List bahan yang dibutuhkan

  • MDF 12mm
    • 9x6cm / 2 piece
    • 5x6cm / 2 piece
    • 7.8×3.8cm / 1piece
    • 3x5cm / 4 piece

Power tool yang digunakan

 

Proses pertama adalah pemotongan papan mdf berdasarkan cut list

Sequence 01.Still009

Setelah kita mempunyai potongan papan 9x6m 2 piece , proses selanjutnya adalah persiapan rabbet join , saya akan membuat coakan5(12mm) pada bagian pinggir dan bawah papan menggunakan trimmer

Sequence 01.Still010

Screenshot_4

Rabbet join

Dalam proses ini saya membuat coakan mengunakan trimmer dan Jig khusus untuk membantu proses pembuatan dan akurasi , silahkan baca artikel ini Trimmer jig base plate untuk mengetahui lebih lanjut tentang jig tersebut

Sequence 01.Still011

Sequence 01.Still012

Membuat rabbet join mengunakan trimmer

Sequence 01.Still013 Sequence 01.Still014

Selanjutnya saya lem dan klem

 

Proses pembuatan kaki

Untuk memudahkan membuat 4 kaki dengan kemiringan tertentu saya membuat jig sederhana memakai potongan kayu bekas yang saya paku diatas table saw sled , bila kalian tidak ada table saw atau sled proses ini bisa dilakukan mengunakan jigsaw atau handsaw tapi harus sabar yah biar ukuranya sama semua .

Sequence 01.Still016 Sequence 01.Still017

Sequence 01.Still018

sebenarnya akan lebih baik kalian jangan mengikuti cara saya dengan memakai brad nailer karena akan merusak permukaan table sled  .

Proses selanjutnya adalah mengebor lubang 2.5mm pada bagian tengah kaki atau biasa disebut (pilot hole ) fungsinya agar kayu yang kan kita skrup tidak pecah.

Sequence 01.Still021

Sequence 01.Still022

proses saya membayangkan kira2 jarak yang tepat antara kaki dan kaki lainya

setelah saya senang dengan jarak tersebut saya mengebor papan untuk penyangga kaki

Sequence 01.Still023

Membuat slot / groove

Setelah 1 jam lem bagian body sudah kering , proses selanjutnya saya akan membuat slot garis dengan ketebalan 3mm dan kedalaman 3mm menggunakan trimmer dan router bit 3mm .

Sequence 01.Still024 Sequence 01.Still025

Sequence 01.Still026

Membuat mata mengunakan holesaw

selanjutnya saya memotong lembaran 3mm dengan holesaw , setelah itu saya bela dua fungsinya sebagai mata dan mulut  karakter happy face .

Sequence 01.Still027

Sequence 01.Still028

setelah saya puas dengan posisi mata dan mulut lalu saya lem dan tahan mengunakan papan dan benda yang berat , karena apa bila kita memakai klem maka prosesnya akan lebih rumit dan posisi akan melenceng .

Sequence 01.Still029

mengepres bagian mata mengunakan papan dan kaleng cat

 

Proses finishing

saya mengunakan cat acrylic paint dengan warna cerah sama seperti warna finishing meja happy , orange dan creme  .

Sequence 01.Still032

Sequence 01.Still030

setelah coating pertama saya melakukan pengamplaskan mengunakan kertas amplas grip 400 fungsinya untuk meratakan cat yang tidak rata atau terkadang masih ada debu yang menempel di permukaan

setelah di amplas kemudian saya lapisi kembali cat tersebut hingga 2x  , dan pada proses akhir saya mengunakan Polyurethane water based semi gloss untuk proteksi dan menimbulkan effect kilap

Sequence 01.Still033

setelah ditinggal 1 hari menunggu lapisan polyurethane kering  , saya mengunakan wax untuk proses polishing agar terasa lebih halus layaknya memegang kulit bayi .

Selesai


Proses pembuatanya dalam versi Video bisa dilihat dikanal saya

Jangan lupa untuk subscribe & share . Terima kasih


Selain fungsinya sebagai tempat pen sepertinya si orange kecil ini dapat digunakan sebagai asset foto karena bentuknya yang mungil dengan warna yang kontral sangat apik bila kita masukan dalam beberapa scene pemotretan

IMG_7407

IMG_7422

Sequence 01.Still008


Pemesanan Meja Happy Face 

Bila kalian ingin memiliki Meja Happy Face (meja yang besar ) atau Pen holder kalian dapat memesan secara sistem online / PO yah , untuk info lebih lanjut bisa kunjungi

  • IG @Livsign 
  • WA/SMS : 08999 8999 10
  • Line : livsign

Terima kasih , Hendy Siswanto .

Kalian bisa memberikan komentar atau say hi melalui socmedia and let’s be a friend

Instagram : @hendycakgames

Facebook : facebook.com/hendycakgames

Twitter : @hendycakgames

 

Mungkin Anda juga Tertarik dengan

Support Me By Share This Article